Petunjuk Submit

1. Sebelum melakukan proses pengiriman artikel atau submit, pastikan sudah menyiapkan dua dokumen utama. Dokumen tersebut adalah

  • Naskah paper yang sudah mengikuti template jurnal BISTE dengan jumlah minimal 7 halaman berjenis file DOCX,
  • Dokumen bukti cek plagiarsm dengan nilai kemiripan atau similarity maksimal 20% berjenis file PDF.

Bagi mahasiswa UAD dapat memanfaatkan layanan cek plagiarsm dari perpustakaan UAD dengan cara mengirimkan dokumen artikel dengan format penamaan file adalah nim_prodi_jenis publikasi (Jenis Publikasi: proposal, tugas akhir, jurnal, tugas kuliah). Kemudian mengirimkan ke alamat email perpustakaan.similarity@uad.ac.id. Proses layanan tersebut memerlukan waktu paling lama 2x24 jam.

Bagi mahasiswa non UAD dapat menghubungi email biste@ee.uad.ac.id atau bisteuad@gmail.com untuk memanfaatkan layanan cek plagiarsm.

2. Setelah dua dokumen tersebut telah siap. Proses pengiriman artikel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

a. Seluruh proses submit dan revisi dilakukan secara online. Silahkan Login untuk melakukan proses pengiriman artikel, Login.

b. Jika belum memiliki akun BISTE, silahkan registrasi terlebih dahulu, Registrasi.

c. Klik New Submission.

Jika menu author dan new submission tidak ada, hal tersebut disebabkan karena bagian author belum dicentang. Pengaturan tersebut dapat dilihat pada bagian User - My Profile.



d. Centang bagian Author agar menu author dan new submission dapat terlihat.



e. Klik pada bagian new submission untuk mengirim naskah paper. Ada 5 langkah dalam melakukan pengiriman artikel. Pada langkah yang pertama, pilih topik dari paper diantara lima topik yang disediakan. Kemudian baca ketentuan pengiriman artikel dan centang ketentuan tersebut. Jika ada ketentuan yang belum dilengkapi, silahkan lengkapi ketentuan tersebut agar proses pengiriman naskah dapat cepat diproses ke tahap selanjutnya.



f. Setelah dipilih topik dan mencentang ketentuan, kemudian klik Save and continue.



g. Langkah kedua adalah meng-upload dokumen naskah paper beruoa file DOCX. Pilih dokumen yang ingin dikirimkan, kemudian klik tombol upload. Selanjutnya Save and continue.



h. Langkah ketiga adalah melakukan pengaturan pada meta data. Isikan First name (Nama awal), Last name (Nama akhir), afiliasi (nama universitas), Department (nama program studi). Lalu klik add author untuk menambahkan nama Dosen pembimbing.



i. Isikan nama dosen pembimbing beserta email, afiliasi (institusi/universitas), dan program studi-nya. Klik disini untuk melihat email dosen program studi teknik elektro, Daftar Email Dosen EE UAD.



j. Add author lagi jika dosen pembimbing lebih dari satu orang. Kemudian isikan Title (Judul) dan abstrct (Abstrak) naskah paper.



k. Isikan daftar pustaka dari artikel pada bagian box references. Copy - paste daftar pustaka yang ada di paper artikel dengan jumlah minimal 10 buah.



l. Langkah keempat adalah meng-upload bukti cek plagiarsm dari perpus UAD (atau dari tempat lain) berupa file PDF. Klik browse untuk memilih file kemudian klik upload. Selanjutnya Save and continue.



m. Langkah kelima atau terakhir adalah klik Finish Submission. 



n. Proses pengiriman naskah paper telah selesai. Pada bagian halaman user home, akan muncul tulisan 1 Active yang menunjukkan ada 1 paper yang aktif dikirimkan.



o. Jika mengalami kesulitan silahkan mengirim pesan pada kontak yang tersedia.


ttd

Editor.