Monitoring Tegangan Baterai Lithium Polymer pada Robot Sepak Bola Beroda secara Nirkabel

Authors

  • Rio Dwi Listianto Universitas Ahmad Dahlan
  • Sunardi Sunardi Universitas Ahmad Dahlan
  • Riky Dwi Puriyanto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/biste.v1i1.826

Keywords:

Monitoring, Lithium polymer, Sensor tegangan, NodeMCU

Abstract

Baterai Lithium Polymer (Li-Po) dipilih sebagai sumber daya robot dikarenakan baterai Li-Po karena memiliki bobot yang ringan dan kapasitas penyimpanan listrik yang besar. Namun untuk mengetahui daya baterai yang digunakan, para pemilik robot harus menghentikan robot kemudian dilakukan pengukuran baterai mengunakan alat ukur. Penelitian ini bertujuan memantau nilai tegangan pada baterai Li-Po yang melalui motor penggerak pada robot sepakbola beroda tanpa menggunakan alat ukur dan hasilnya dapat ditampilkan pada komputer maupun PC secara nirkabel. Percobaan dilakukan menggunakan peralatan sensor tegangan dan modul wifi nodeMCU. Hasil dari penelitian ini sensor tegangan dapat membaca data dan didapat nilai standar deviasi 0,39 dan error rata-rata 0,43 yang menunjukkan bahwa sensor memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Sementara untuk proses pemantauan sensor berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Author Biographies

Rio Dwi Listianto, Universitas Ahmad Dahlan

Program studi Teknik Elektro

Sunardi Sunardi, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Teknik Elektro

Riky Dwi Puriyanto, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Teknik Elektro

References

Ristekdikti, “Buku Panduan Kontes Robot Sepakbola Indonesia Beroda (KRSBI Beroda),” Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, 2018.

Setiawan, Muhammad Johan, “Baterai,” Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, 2014.

Christian, Fendy, Mengenal Baterai Lithium Polymer (LiPo), Jakarta: Universitas Gunadarma. 2012.

Ardyanto, B, Pengukuran tegangan, arus dan daya listrik menggunakan perangkat telepon pintar. 2019.

Johanes Bismaputra, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Tegangan Baterai pada Robot Pembersih Kaca Berbasis Wireless,” Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.

Afif, M. T., Ayu, I., & Pratiwi, P., “Analisis Perbandingan Baterai Lithium-Ion, Lithium Polymer, Lead Acid Dan Nickel-Metal Hydride Pada Penggunaan Mobil Listrik,” Review. Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 6, no, 2, pp. 95–99, 2015.

Fitriandi, Afrizal, Rancang Bangun Alat Monitoring Arus dan Tegangan Berbasis Mikrokontroler dengan SMS Gateway. Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro. Volume 10, No. 2, 2016.

Banjari, Muhammad Arsyad Al.. “Desain Dan Implementasi Smart Home Berbasis WiFi”. Banjarmasin: Jurnal AI Ulum Sains dan Teknologi, 2017.

B. Anilkumar, N. Lakshmidevi, and P. Choudary, “Home Automation through Smart Phone using ESP8266 Wi-Fi Module by IOT,” vol. 3, no. 4, pp. 17–21, 2017.

Saputra, Fajar Ananda, and Irawan Dwi Wahyono, "“WATERSOR” (Waterlogging Sensor) Monitoring Genangan Air di Kota Malang Berbasis ThingSpeak Framework," Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi), vol. 3, no. 2, 2019.

Downloads

Published

2019-07-30

How to Cite

[1]
R. D. Listianto, S. Sunardi, and R. D. Puriyanto, “Monitoring Tegangan Baterai Lithium Polymer pada Robot Sepak Bola Beroda secara Nirkabel”, Buletin Ilmiah Sarjana Teknik Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, Jul. 2019.

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>