Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang di Ajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Model Pembelajaran Quantum Learning di Kelas VIII SMP Negeri 9 Medan

Authors

  • Agum Budianto Universitas Negeri Medan
  • Syawal Gultom Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4172

Keywords:

Problem Solving, Problem Based Learning Model, Quantum Learning Model

Abstract

Pemecahan masalah siswa khususnya di dalam pelajaran matematika masih di kategorikan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran quantum learning pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 9 Medan T.A 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel yang diambil adalah kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen A yaitu kelas yang di ajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen B yaitu kelas yang diajar dengan model  pembelajaran Quantum Learning. Sampel penelitian dilihat berdasarkan kesamaan kondisi awal berdasarkan nilai rapor siswa. Kemudian prosedur yang pertama  adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata observasi siswa dalam materi kubus dan balok adalah sebesar 34,75. Setelah dilakukan posttest pada kedua kelas, dan diperoleh hasil berupa rata-rata nilai kelas eksperimen A sebesar 65,184 dan rata-rata nilai kelas eksperimen B sebesar 58,333. Artinya, kedua kelas sampel penelitian mengalami kondisi yang berbeda terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika setelah mendapat perlakuan. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang di ajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Model Pembelajaran Quantum Learning pada materi Kubus Dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 9 Medan T.A 2018/2019.

References

Akinoglu, O., & Özkarde, R. (2007). The Effects of Problem-Based Active Learning in Science Education on Students ’ Academic Achievement , Attitude and Concept. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(1), 71–81.
Astriani, N., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The Effect Of Problem Based Learning To Students ’ Mathematical Problem Solving Ability. IJARIIE, 3(2), 3441–3446.
Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving : Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. Jurnal Of The Mathematics Educator, 17(2), 7–14.
DePorter, B. (2010). Quantum Teaching; Mempraktekkan Quantum Teaching di Ruang-Ruang Kelas. Kaifa.
Deswita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Hanifatul, R. (2015). Peran Quantum Learning Menurunkan Kecemasan Matematika Siswa. Jurnal Tamaddun Ummah, 01(1), 1–8.
Hmelo-silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2007). Scaffolding and Achievement in Problem-Based and Inquiry Learning : A Response to Kirschner , Sweller , and Clark ( 2006 ). EDUCATIONAL PSYCHOLOGIST, 42(2), 99–107.
Masrurotullaily, Hobri, & Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa Smk Negeri 6 Jember.Jurnal Kadikma, 4(2), 129–138.
Panjaitan, M., Rajagukguk, S. R., Matematika, P. P., Utara, S., & Learning, P. B. (2017). Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inspiratif, 3(2), 1–17.
Schommer-aikins, M., & Hutter, R. (2012). Beliefs , Mathematical Beliefs , and Academic Students. The Elementary School Journal, 105(3), 289–304.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito.
Trianto, A. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Prenadamedia Group.
Ulvah, S., Afriansyah, E. A., Studi, P., & Matematika, P. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Budianto, A., & Gultom, S. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang di Ajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Model Pembelajaran Quantum Learning di Kelas VIII SMP Negeri 9 Medan. JURNAL INOVASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN, 1(1), 11–24. https://doi.org/10.12928/jimp.v1i1.4172

Issue

Section

Articles