MEMBANGUN BISNIS EKONOMI ISLAM PERSPEKTIF NEUROMARKETING DI MASA PANDEMIC COVID-19

Authors

  • Mohammad Jailani Universitas Ahmad Dahlan
  • Suyadi Suyadi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v1i2.4754

Keywords:

Bisnis, COVID-19, ekonomi Islam, Neuromarketing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan konsep strategi pemasaran bisnis ekonomi Islam di masa pandemic COVID-19 sebagai kata kuncinya “Neuromarketing menjadi pendekatannyaâ€. Beredar dengan adanya informasi di semua social media, media cetak, dan penelitian-penelitian yang relevan pertumbuhan ekonomi bisnis di Indonesia sangat menurun dengan datangnya pandemic COVID-19.  Menyebarnya virus COVID-19 di Indonesia menyebabkan inkam pemasukan para pelaku bisnis ekonomi dan UMKM menurun secara drastis, mengakibatkan para pedagang dan pembisnis gulung tingkar, istirahat operasi jual, dan bahkan ada yang gulung tikar. Data penelitian penelitian ini bersumber melalui pengamatan literature terkait deskripsi jurnal-jurnal ilmiah yang beriputasi nasional maupun internasional dan pencermatan terhadap referensi karya penelitian, baik secara manual ataupun digital yang focus menemukan konsep baru marketing bisnis Islam dalam kajian Neurosains. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  studi kepustakaan (research library) dengan teknik analisys content. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep dan strategi yang baru dalam pengembangan dan peningkatan inkam pemasukan bisnis ekonomi Islam terkhusus para pemodal dan pembisnis dengan pendekatan Neuromarketing mampu memudahkan para pelaku bisnis Islam mengembalikan stabilitas pemasukan laba. Karena pada dasarnya mengaitkan diskursus kajian Neurosains dengan ilmu ekonomi Islam yang lebih dikenal dengan Neuromarketing, melakukan pemasaran dalam bisnis ekonomi Islam dengan pendekatan otak kepada para pembeli. Pendekatan Neuromarketing memiliki dua aspek terhadap pendekatan kepada konsumen atau pembeli yaitu dalam aspek penguasaan teknologi digitalisasi yang modern dan aspek evaluasi (muhasabah) marketing. Dengan demikian para pelaku bisnis dan pedagang di Indonesia pemasukan laba berbanding normal dan  meningkat di masa pandemic COVID-19.

References

Aikawa. 2014. “Mengapa Otak Manusia Begitu Istimewa.” Mengapa Otak Manusia Begitu Istimewa: 1–10. https://www.viva.co.id/blog/lainnya/516523-mengapa-otak-manusia-begitu-istimewa.

Aliyah, Kisti Nur. 2020. “Etika Bisnis Islam Dalam Implementasi Teknologi Neuromarketing Pada Strategi Pemasaran.” Ekonomi Syariah 5(September): 69–86.

Arief Seto. 2016. “Neuromarketing.” Belajar: 1–10. https://arifseto.blogspot.com/2016/07/neuromarketing.html.

Ath-thaariq, Javier Farran, and Rian Adam Rajagede. 2021. “Kajian Pustaka Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Pengenalan Bahasa Isyarat Berbasis Deep Learning.” Automata 2(1): 0–3.

Bakery, Majestyk, Cake Shop, and Cabang H M Yamin. 2017. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada.” Jurnal Keuangan & Bisnis 2(March 2010): 71–87.

Eka Sri Apriliana. 2020. “Upaya Peningkatan Pendapatan Nasional Di Tengah Wabah Virus Corona Perspektif Ekonomi Islam.” Al-Iqtishadiyah 6: 19–28.

Hafizah, Gia Dara. 2020. “Peran Ekonomi Dan Keuangan Syariah Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Likuid 1(1): 55–64.

Hafizzullah, Dapit Amril, Muhammad Habibi Ilyas. 2020. “Metode Muhammad Al Amin Al Haraari Dalam Tafsîr Hadâiq Ar-Rauhi Wa Ar-Raihân.” Al Fawatih: Jurnal Kajian Al Quran dan Hadis 1(1): 62–77. http://194.31.53.129/index.php/fawatih/article/view/2667.

Hardilawati, Wan laura. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi dan Ekonomika 10(1): 89–98.

Hendrawan, Andi, Hari Sucahyowati, and Titi Laras. 2020. “Strategi Pemasaran Word of Mouth Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Produk Home Industri Mie Eblek Desa Ksepuhan).” Manajemen dan Ekonomi 3(1): 55–72.

Iskandar, Azwar, and K Aqbar. 2019. “Reposisi Praktik Ekonomi Islam : Studi Kritis Praktik Ekonomi Islam Di Indonesia.” Nukhbatul ‘Ulum 5(1): 39–53.

Iskandar, Azwar, Bayu Taufiq Possumah, and Khaerul Aqbar. 2020. “Peran Ekonomi Dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7(7).

Kevinli, and Pesta Gultom. 2020. “Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Quality Fried Chicken Jalan Ismaliyah Medan.” Manajemen Bisnis Eka Prasetya (JMBEP) 6(1): 44–53.

Kridaningsih, Anna. 2020. “Pengaruh Harga Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Amino Dari Ultimate Nutrition.” Jbma VII(2): 1–10.

Maulana yusuf, Rahmawati. 2019. “Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS) p-Issn: 2549-0435 e-Issn: 2549-1431.” Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies 3(2): 671–83. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JIPAGS/article/view/5484.

Muttaqin, Rizal. 2018. “Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Islam.” MARO: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis 1(2): 117–22.

Nilashi, Mehrbakhsh et al. 2020. “Neuromarketing: A Review of Research and Implications for Marketing.” Journal of Soft Computing and Decision Support Systems 7(2): 23–31. http://www.jscdss.com/index.php/files/article/view/223.

Pasiak Taufiq. 2012. Pendidikan Karakter Sebagai Pendidikan Otak Dalam Firmansyah Dkk, Mengatasi Masalah Narkoba Dengan Welas Asih. Jakarta: Gramedia.

Saihu, Saihu. 2020. “Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2(1): 82–95.

Suyadi. 2017a. “Pendidikan Islam Dan Neurosains.” In Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi MUhammadiyah ’Aisyiyah (APPPTMA), Sulawesi Selatan: KNAPPPTMA KE-6, 8–9.

———. 2017b. “Pendidikan Islam Inklusi Humanis Dan Religius.” Tajdidukasi VII(2): 15–27.

———. 2019a. “Constitutional Piety: The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience.” Jurnal Pendidikan Islam 6(1): 38–46.

———. 2019b. “Millennialization of Islamic Education Based on Neuroscience in the Third Generation University in Yogyakarta Indonesia.” QIJIS : Qudus International Journal of Islamic Studies 7(1): 173–202.

———. 2020. Pendidikan Islam Dan Neurosains: Menelusuri Jejak Akal Dan Otak Dalam Alquran Hingga Pengembangan Neurosains Dalam Pendidikan Islam. Pertama. ed. Lintang Novita. Jakarta: Kencana. www.Prenamedia.com.

Suyadi, Zalik Nuryana, and Niki Alma Febriana Fauzi. 2020. “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the Perspective of Islamic Education-Neuroscience.” International Journal of Disaster Risk Reduction 51(2): 101848. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101848.

Yenti Sumarni. 2020a. “Manajemen Ekonomi Islam Dalam Menangani Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) DI Indonesia.” Malaysian Palm Oil Council (MPOC) 21(1): 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/.

———. 2020b. “Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis.” Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 6(2): 46–58.

Published

2021-08-24

Issue

Section

Articles