Membangun Bisnis Ekonomi Islam Perspektif Neuromarketing di Masa Pandemic COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.12928/iefbr.v1i2.4754Keywords:
Bisnis, COVID-19, ekonomi Islam, Neuromarketing.Abstract
Penelitian ini bertujuan menemukan konsep strategi pemasaran bisnis ekonomi Islam di masa pandemic COVID-19 sebagai kata kuncinya “Neuromarketing menjadi pendekatannyaâ€. Beredar dengan adanya informasi di semua social media, media cetak, dan penelitian-penelitian yang relevan pertumbuhan ekonomi bisnis di Indonesia sangat menurun dengan datangnya pandemic COVID-19.  Menyebarnya virus COVID-19 di Indonesia menyebabkan inkam pemasukan para pelaku bisnis ekonomi dan UMKM menurun secara drastis, mengakibatkan para pedagang dan pembisnis gulung tingkar, istirahat operasi jual, dan bahkan ada yang gulung tikar. Data penelitian penelitian ini bersumber melalui pengamatan literature terkait deskripsi jurnal-jurnal ilmiah yang beriputasi nasional maupun internasional dan pencermatan terhadap referensi karya penelitian, baik secara manual ataupun digital yang focus menemukan konsep baru marketing bisnis Islam dalam kajian Neurosains. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan (research library) dengan teknik analisys content. Hasil penelitian menemukan bahwa konsep dan strategi yang baru dalam pengembangan dan peningkatan inkam pemasukan bisnis ekonomi Islam terkhusus para pemodal dan pembisnis dengan pendekatan Neuromarketing mampu memudahkan para pelaku bisnis Islam mengembalikan stabilitas pemasukan laba. Karena pada dasarnya mengaitkan diskursus kajian Neurosains dengan ilmu ekonomi Islam yang lebih dikenal dengan Neuromarketing, melakukan pemasaran dalam bisnis ekonomi Islam dengan pendekatan otak kepada para pembeli. Pendekatan Neuromarketing memiliki dua aspek terhadap pendekatan kepada konsumen atau pembeli yaitu dalam aspek penguasaan teknologi digitalisasi yang modern dan aspek evaluasi (muhasabah) marketing. Dengan demikian para pelaku bisnis dan pedagang di Indonesia pemasukan laba berbanding normal dan meningkat di masa pandemic COVID-19.References
Aikawa. 2014. “Mengapa Otak Manusia Begitu Istimewa.” Mengapa Otak Manusia Begitu Istimewa: 1–10. https://www.viva.co.id/blog/lainnya/516523-mengapa-otak-manusia-begitu-istimewa.
Aliyah, Kisti Nur. 2020. “Etika Bisnis Islam Dalam Implementasi Teknologi Neuromarketing Pada Strategi Pemasaran.” Ekonomi Syariah 5(September): 69–86.
Apriliana, Eka Sri. 2020a. “Upaya Peningkatan Pendapatan Nasional Di Tengah Wabah Virus Corona Perspektif Ekonomi Islam.” Al-Iqtishadiyah 6(1): 19–28.
———. 2020b. “Upaya Peningkatan Pendapatan Nasional Di Tengah Wabah Virus Corona Perspektif Ekonomi Islam.” Al-Iqtishadiyah 6(1): 22–28.
Arief Seto. 2016. “Neuromarketing.” Belajar: 1–10. https://arifseto.blogspot.com/2016/07/neuromarketing.html.
Ath-thaariq, Javier Farran, and Rian Adam Rajagede. 2021. “Kajian Pustaka Pengembangan Aplikasi Mobile Untuk Pengenalan Bahasa Isyarat Berbasis Deep Learning.” Automata 2(1): 0–3.
Bakery, Majestyk, Cake Shop, and Cabang H M Yamin. 2017. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada.” Jurnal Keuangan & Bisnis 2(March 2010): 71–87.
Hafizah, Gia Dara. 2020. “Peran Ekonomi Dan Keuangan Syariah Pada Masa Pandemi COVID-19.” Jurnal Likuid 1(1): 55–64.
Hafizzullah, Dapit Amril, Muhammad Habibi Ilyas. 2020. “Metode Muhammad Al Amin Al Haraari Dalam Tafsîr Hadâiq Ar-Rauhi Wa Ar-Raihân.” Al Fawatih: Jurnal Kajian Al Quran dan Hadis 1(1): 62–77. http://194.31.53.129/index.php/fawatih/article/view/2667.
Hardilawati, Wan laura. 2020. “Strategi Bertahan UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnal Akuntansi dan Ekonomika 10(1): 89–98.
Hendrawan, Andi, Hari Sucahyowati, and Titi Laras. 2020. “Strategi Pemasaran Word of Mouth Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Pada Produk Home Industri Mie Eblek Desa Ksepuhan).” Manajemen dan Ekonomi 3(1): 55–72.
Iskandar, Azwar, and K Aqbar. 2019. “Reposisi Praktik Ekonomi Islam : Studi Kritis Praktik Ekonomi Islam Di Indonesia.” Nukhbatul ‘Ulum 5(1): 39–53.
Iskandar, Azwar, Bayu Taufiq Possumah, and Khaerul Aqbar. 2020. “Peran Ekonomi Dan Keuangan Sosial Islam Saat Pandemi Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7(7).
Kevinli, and Pesta Gultom. 2020. “Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Quality Fried Chicken Jalan Ismaliyah Medan.” Manajemen Bisnis Eka Prasetya (JMBEP) 6(1): 44–53.
Kridaningsih, Anna. 2020. “Pengaruh Harga Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Amino Dari Ultimate Nutrition.” Jbma VII(2): 1–10.
Maulana yusuf, Rahmawati. 2019. “Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS) p-Issn: 2549-0435 e-Issn: 2549-1431.” Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies 3(2): 671–83. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JIPAGS/article/view/5484.
Muttaqin, Rizal. 2018. “Pertumbuhan Ekonomi Dalam Perspektif Islam.” MARO: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis 1(2): 117–22.
Nilashi, Mehrbakhsh et al. 2020. “Neuromarketing: A Review of Research and Implications for Marketing.” Journal of Soft Computing and Decision Support Systems 7(2): 23–31. http://www.jscdss.com/index.php/files/article/view/223.
Pasiak Taufiq. 2012. Pendidikan Karakter Sebagai Pendidikan Otak Dalam Firmansyah Dkk, Mengatasi Masalah Narkoba Dengan Welas Asih. Jakarta: Gramedia.
Saihu, Saihu. 2020. “Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2(1): 82–95.
Sumarni, Yenti. 2020a. “Manajemen Ekonomi Islam Dalam Menangani Pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) DI Indonesia.” Babu Al-Ilmi Ekonomi dan Perbankan Syariah 21(1): 1–9. http://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/.
———. 2020b. “Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis.” Al-Intaj Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah 6(2): 46–58.
Suyadi. 2017a. “Pendidikan Islam Dan Neurosains.” In Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi MUhammadiyah ’Aisyiyah (APPPTMA), Sulawesi Selatan: KNAPPPTMA KE-6, 8–9.
———. 2017b. “Pendidikan Islam Inklusi Humanis Dan Religius.” Tajdidukasi VII(2): 15–27.
———. 2019a. “Constitutional Piety: The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience.” Jurnal Pendidikan Islam 6(1): 38–46.
———. 2019b. “Millennialization of Islamic Education Based on Neuroscience in the Third Generation University in Yogyakarta Indonesia.” QIJIS : Qudus International Journal of Islamic Studies 7(1): 173–202.
———. 2020. Pendidikan Islam Dan Neurosains: Menelusuri Jejak Akal Dan Otak Dalam Alquran Hingga Pengembangan Neurosains Dalam Pendidikan Islam. Pertama. ed. Lintang Novita. Jakarta: Kencana. www.Prenamedia.com.
Suyadi, Zalik Nuryana, and Niki Alma Febriana Fauzi. 2020. “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the Perspective of Islamic Education-Neuroscience.” International Journal of Disaster Risk Reduction 51(2): 101848. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101848.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mohammad Jailani, Suyadi Suyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) agree to the following terms:
- All articles published are Open Access which means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under the Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.  Â
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Authors have the right to retain patent, trademark, and other intellectual property rights (including research data).Â
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, the copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR), the Editors, and the Editorial Board Members of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.