Manajemen Hubungan Pelanggan Grameen Bank Produk untuk Pemberdayaan Pengusaha Perempuan di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.12928/iefbr.v1i1.4744Keywords:
Grameen, Bank, Syariah, Ecomonic, Empowerment, WomenAbstract
Pandemi Covid-19 telah meningkatkan kemiskinan ekstrem di Indonesia. Sektor perekonomian juga terhambat. Akibatnya banyak suami yang kehilangan pekerjaan karena PHK atau meninggal dunia akibat Covid-19, sehingga banyak perempuan yang terpaksa menjadi tulang punggung menghidupi keluarga. Produk PMD Grameen Bank merupakan salah satu solusi bank syariah untuk membantu para ibu menjadi wirausaha guna membantu perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Customer Relationship Management yang dilakukan Bank Syariah dalam melakukan penetrasi pasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan paradigma konstruktivis dan pendekatan penelitian menggunakan studi kasus dan analisis interaksi simbolik oleh George Herbert Mead. Pengumpulan data Teknik yang digunakan adalah studi wawancara, observasi, studi literatur jurnal, dan pemberitaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pemasaran yang digunakan adalah model pemasaran 360 derajat. (1) Pengembangan komunitas UKM. Pengembangan komunitas ini diawali dengan memanfaatkan opinion leader untuk mengumpulkan perempuan UKM di lingkungan sekitar yang berminat mengikuti pelatihan. Mereka mengadakan pertemuan (PRS) setiap dua minggu sekali untuk memberikan edukasi mengenai produk yang ditawarkan dan pendidikan kewirausahaan. Selanjutnya masyarakat diberikan pelatihan singkat selama dua minggu untuk melihat semangat dan keseriusan mereka dalam berbisnis. Penilaian secara individu dan kelompok kembali dilakukan untuk melihat apakah kelompok binaan layak mendapatkan pendanaan usaha (2) Penggunaan opinion leader untuk membujuk orang-orang disekitarnya agar tertarik mengikuti program PMD. Opinion leader yang digunakan adalah ketua PKK, ketua RT, RW, atau perangkat desa. (3) Penetrasi pasar juga dilakukan melalui pemasaran digital dengan menggunakan grup Whatsapp komunitas.
References
Ardianto, Elvinaro & Bambang Q.Anees.(2016). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Arif, M Nur Rianto Al, Titin Nurasiah. (2015). Customer Relationship Management dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Bank Nasabah: Studi Pada Bank Muamalat Indonesia. Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 5, No 1, April
Creswell, JW (2012). Desain Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Farhan, Ibnu. (2019) Respon Agama Terhadap Persoalan Sosial Ekonomi: Studi Terhadap Grameen Bank. Analisis: Jurnal Studi Keislaman Volume 19. No. 2, Juni 2019, h. 265-278
Ismail, Magma Zulfiqar, Sulhaini, Handry Sudiartha Athar. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Product Knowledge dan Loyalty Intention Pada Nasabah PT Bank BNI Syariah Cabang Mataram. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram Volume 8 – Edisi 3 – September.
Nurhayati. (2016). Kewirausahaan Sosial Muhammad Yunus “Grameen Bank. Jurnal Bisnis, Manajemen & Perbankan Vol. 2 Nomor 12016 :31-48
Rafsanjani, Haqiqi. (2017). Studi Kriris Pemikiran Muhamad Yunus tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2, No.1, 2017
Rahmadewi, Triyani, Naili Farida dan Reni Shinta Dewi. (2015). Pengaruh CRM dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Melalui Brand Trust Pada PT Nasmoco Pemuda. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Volume 4, Nomor 3
Ritzer, G., & Goodman, DJ (2018). Teori sosiologis : Dari teori sosiologis klasik sampai perkembangan perubahan teori sosial posmodern . Yogyakarta: Kreasi Wacana
Santiko, Irfan. (2013). Analisis Customer Relationship Management di PT JC Indonesia Yogyakarta (Studi Kasus Penanganan. Jurnal Pro Bisnis Vol. 6 No.2 Agustus
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Widyarto, Arief, Yuyus Suryana, Meydia Hasan. (2015). Pengaruh Kinerja Atribut Produk dan Customer Relationship Management , Terhadap Pangsa Pelanggan Industri Kain Tekstil di Pulau Jawa. Jurnal Bisnis & Manajemen, 2015, Jil. XVI, No.2, 109-117
Yuliani, Wiwin. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Jurnal Quanta Vol. 2, No.2, Mei 2018
https://www.bbc.com/indonesia/dunia-54453523 (diakses pada 4 Juni 2021)
https://mediaindonesia.com/ekonomi/348732/tingkat-kemiskinan-ekstrem-indonesia-diperkirakan-meningkat (diakses pada 4 Juni 2021)
https://mediaindonesia.com/opini/374333/dampak-covid-19-pada-ekonomi-perempuan (diakses pada 4 Juni 2021)
https://carapandang.com/read-news/btpn-syariah-bantu-masyarakat-prasejahtera-jauhi-garis-kemiskina (diakses pada 19 Juni 2021).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nada Arina Romli, Khairunnisa Rosdiani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) agree to the following terms:
- All articles published are Open Access which means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under the Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.  Â
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Authors have the right to retain patent, trademark, and other intellectual property rights (including research data).Â
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, the copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR), the Editors, and the Editorial Board Members of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.