PRIORITAS BELANJA DANA KELURAHAN PADA DANA ALOKASI UMUM (DAU) TAMBAHAN KELURAHAN KEBUN BUNGA KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Ryan Akhmad Rizki Lambung Mangkurat University
  • Sri Maulida Lambung Mangkurat University

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v1i1.4742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui belanja kelurahan pada dana kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur, dan (2) mengetahui prioritas belanja kelurahan dalam membangun kelurahan Kebun Bunga.

Responden dalam penelitian ini ada 6 responden yang dianggap berpengaruh terhadap penentuan belanja kelurahan di Kelurahan Kebun Bunga yang digunakan dalam pengolahan data menggunakan metode AHP (Analytical Hierarchy Process).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria alternatif Renstra Kecamatan, Sumber Daya Manusia (SDM), Kinerja Sebelumnya, dan Manfaat Kegiatan mempengaruhi penentuan prioritas belanja kelurahan dengan urutan nilai preferensi 28% Renstra Kecamatan, 17% Sumber Daya Manusia (SDM), 7% Kinerja Sebelumnya, dan 47% Manfaat Kegiatan. Berdasarkan kriteria alternatif tersebut preferensi pemilihan prioritas belanja Kelurahan adalah Sarana dan prasarana kelurahan 69%, dan pemberdayaan masyarakat 31%. Dengan kesimpulan yang paling dominan adalah sarana dan prasarana sebesar 69%.

Author Biography

Sri Maulida, Lambung Mangkurat University

Downloads

Published

2021-08-24

Issue

Section

Articles