Analisis Potensi Dan Peran UMK dalam Pengembangan Wisata Halal di Kampung Batik Laweyan: Pendekatan 3A dan SWOT dalam Perspektif Lembaga Keuangan Syariah
DOI:
https://doi.org/10.12928/iefbr.v5i1.14177Keywords:
UMK, Wisata Halal, 3A, Analisis SWOT, Lembaga Keuangan SyariahAbstract
Penelitian ini mengkaji potensi dan peran Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dalam pengembangan wisata halal di Kampung Batik Laweyan, Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan 3A dan analisis SWOT dengan perspektif lembaga keuangan syariah. Kawasan ini dikenal sebagai sentra budaya batik tradisional, yang banyak ditemukan di kota-kota seperti Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Integrasi konsep wisata halal ini meningkatkan daya tariknya bagi wisatawan Muslim dengan memastikan terpenuhinya kebutuhan religi mereka saat menikmati budaya lokal. Kawasan ini memiliki potensi besar seiring tumbuhnya minat terhadap wisata halal. Metode yang digunakan bersifat kualitatif deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini mencakup pelaku UMK, FPKBL (Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan), dan wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMK berperan dalam ekonomi lokal, penyediaan produk halal, dan melestarikan budaya. Atraksi utama meliputi produk batik, workshop, dan situs sejarah seperti Bunker Setono dan Masjid Laweyan. Namun, masih diperlukan peningkatan fasilitas dan askesibilitas. Analisis SWOT menekankan pentingnya kolaborasi antara UMK, pengelola, dan lembaga keuangan syariah. Kolaborasi berkelanjutan diperlukan untuk memperkuat ekosistem wisata halal yang berbasis budaya dan ekonomi kreatif. Jenis Artikel: Artikel Penelitian.
References
Afifah, Z., & Zhulkarnain, N. A. (2023). Halal Tripnesian: Aplikasi Muslim Friendly Tourism Sebagai Solusi Kemudahan Akses Pariwisata Halal Pasca Covid-19 Di Indonesia. 1, 2023.
Agustin, E., Askandar, S., & Cholid Mawardi, M. (2022). Analisis Pelayanan Dan Konsep Wisata Halal Pada Wilayah Banyuwangi ( Study Kasus Pulau Santen). Islamic Economic and Finance Journal, 3(2), 424–433.
Amalia, A. S., & Hanifah, L. (2023). Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Perkembangan Umkm Pada Kawasan Wisata Pantai Sembilan Sumenep. Qawwam : The Leader’s Writing, 4(1), 1–9.
Anisa Feritrianti, N. Y. (2024). Penilaian Keberlanjutan Kampung Batik Laweyan. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota.
Aprilia Kumaji, R., Hakim, L., & Pangestuti, E. (2021). Ecolodge Sebagai Sarana Akomodasi Pariwisata Berkelanjutan. Profit, 15(01), 27–42.
Arviyanda, R., Fernandito, E., & Landung, P. (2023). Analisis Perbedaan Bahasa dalam Komunikasi Antarmahasiswa. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(1), 67.
Asep Nurwanda, E. B. (2020). Analisis Program Inovasi Desa Dalam Mendorong Pengembangan Ekonomi Lokal Oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (PID) Di Desa Bangunharja Kabupaten Ciamis. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 68–75.
Basyariah, N. (2021). Konsep Pariwisata Halal Perspektif Ekonomi Islam. Youth & Islamic Economic, 2(01s), 1–6.
Bustamam, N., & Suryani, S. (2022). Potensi Pengembangan Pariwisata Halal dan dampaknya Terhadap Pembangunan Ekonomi Daerah Provinsi Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2), 146–162.
Candra, A. C., & Sari, W. N. (2024). Analisis Strategi Pengembangan Amenitas Aksesibilitas Pariwisata di Jasmine Park Cisauk. 1, 1–19.
Damayanti, R. A., & Puspitasari, A. Y. (2024). Kajian Potensi Daya Tarik Wisata Heritage di Indonesia. Jurnal Kajian Ruang, 4(1), 13.
Darmawan, S., & Setiawan, I. (2023). Potensi Objek Wisata di Kabupaten Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 4(2), 356– 364.
Delamartha, A., Galing Yudana, & Erma Fitria Rini. (2021). Kesiapan Aksesibilitas Wisata Dalam Mengintegrasikan Obyek Wisata (Studi Kasus : Karanganyar Bagian Timur). Jurnal Plano Buana, 1(2), 78–91.
Dr. H. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Eljawati. (2021). Peran UMKM dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Di Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Publik, 8(32–46), 32–46.
Fadhlan, M., & Subakti, G. E. (2020). Perkembangan Industri Wisata Halal di Indonesia dan Dunia. Indonesian Journal of Halal, 5(1), 76–80.
Fitri Anggreani, T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619–629.
Gunawan Aji, Miladia Nur Kamila, Nisa Usifa, & Indah Setiowati. (2023). Tingkat Keterlibatan Lembaga Keuangan Syariah Dalam Pemberdayaan UMKM di Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 2(1), 21– 33.
Hapsari, R. E. D. P., & Nurhayati, D. (2021). JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 494–512.
Hasan, M. N., Abdillah, F. S., Rahmawati, N., & ... (2022). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Melalui Warung Titipan (Wartip) Untuk Mendukung Desa Paciran Sebagai Sentra UMKM di Kabupaten Lamongan. Jurnal Praja , September.
Heni Nurhayati, St. Rukaiyah, & Nurmadhani Fitri Suyuthi. (2024). Pengaruh Atraksi, Amenitas, Dan Aksesibilitas Terhadap Kunjungan Ulang Wisatawan Lokal. Journal of Management and Social Sciences, 3(1), 254–272.
Herlianti, E. V., & Sanjaya, R. B. (2022). Dampak Positif Pariwisata Terhadap Budaya, Ekonomi, Dan Lingkungan Di Kasepuhan Cipta Mulya. Kritis, 31(2), 132–149.
Herlina, T., Hutagalung, Y., Firdaus, R., & Malikussaleh, U. (2024). Keuntungan dan Tantangan dalam Penggunaan Akad Mudharabah untuk Pembiayaan Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah ( UMKM ).
Hutagaluh, O., Abubakar, A., & Haddade, H. (2022). Pariwisata Halal Menurut Pandangan Al-Qur’an. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 8(2), 168–178.
Islam, M. S., Azizzadeh, F., Laachach, A., Zupok, S., & Sobo, J. (2023). Halal tourism’s themes, theories and methods: A general literature review. Journal of Tourism and Development, 41(June), 509–530.
Kadafi, P. A., Hasudungan, R. T., & Yusrini, L. (2024). Pengaruh Atraksi Wisata, Citra Destinasi dan Pengalaman Wisatawan Terhadap Minat Wisatawan Generasi Z Berkunjung Kembali ke Kota Tua Jakarta. Xxx-Yyyy, 1(1).
Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8.
Kemenparekraf RI. (2022). Persiapan Pengembangan Halal Tourism dan MuslimFriendly di Indonesia. Kemenparekraf.Go.Id.
Kurniawan Piri, J., Ichsan Gaffar, M., & Artikel, R. (2023). Analisis Potensi Pembiayaan Akad Musyarakah Terhadap UMKM di Indonesia. Jurnal Mahasiswa Akuntansi, 2(3), 381–388.
Kusmawati, R., Masturoh, Pratama, A. R., Maulana, A. A., & Asytuti, R. (2022). Implementasi Produk Pembiayaan Umkm Di Bsi Kcp Kajen Pekalongan. Jurnal Manajemen Dan Perbankan Syariah, Vol, 4, No(1), 13–24.
Lathifa, N., & Marcillia, S. R. (2021). Kualitas Bangunan Atraksi Wisata Pada Daya Tarik Wisata Budaya Di Kotagede , Yogyakarta. Jurnal Parwisata Dan Budaya Cakra Wisata, 22(2), 11–23.
Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112.
Mesta, H. A., Yumna, A., & Fitria, Y. (2022). Literasi Halal Untuk Kesiapan Sertifikasi Halal Produk Pangan Olahan UMKM Kota Padang Dalam Mendukung Pariwisata Halal Sumatera Barat. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 22(2), 367.
Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Mukharom, M., Nuryanto, A. D., & El Ula, K. A. (2024). Peran Lembaga Keuangan Sosial Syariah Di Indonesia Menuju Tranformasi Digital. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 4(1), 365–382.
Mustaqim, D. Al. (2023). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Sebagai Pendorong Ekonomi Berkelanjutan Berbasis Maqashid Syariah. Al-Bahjaj Jorunal of Islamic Economics, 1. Anisa Feritrianti, N. Y. (2024). Penilaian Keberlanjutan Kampung Batik Laweyan. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota.
Nashrudin Latif, Edy Sulistiyawan, R. Bambang Dwi Waryanto, Sugijanto, & Siti Istikhoroh. (2020). Pengelolaan Pemasaran Online UMKM Menghadapi Tatanan Kehidupan Baru Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Ekobis Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 136–143.
Nasution, H. S., Zulkarnain, I., Tanjung, A., Bustami, A., Tinggi, S., Islam, A., & Deli, T. (2024). Peran lembaga keuangan syariah dalam mendukung umkm di kecamatan kota tebing tinggi. 1, 23–28.
Nilmada Azmi, A., Putra Wijaya, F., Ali Fikri, A., & Syarif Hidayatullah Jakarta, U. (2023). Prinsip-Prinsip Islam tentang Diplomasi Wisata Halal di Indonesia. 9(2), 62–78.
Niode, I. Y., & Rahman, E. (2022). Desain Pengembangan Potensi UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Bahari dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Ekonomi Wilayah (Studi di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo). Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 277–296.
Nst, A. U., & Marliyah, M. (2025). Peran Strategis Lembaga Keuangan Syariah dalam Peningkatan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat. Icmi.
Pemerintah Kota Surakarta. (2022). Makna Dibalik The Spirit of Java. Surakarta.Go.Id.
Pradana, G. Y. K. (2019). Sosiologi Pariwisata. STPBI Press, 1(1), 1–88. www.academia.edu/42858001/Sosiologi_Pariwisata.
Pratistawiningrat, P., & Karmila, M. (2024). Analisis Sarana dan Prasarana Penunjang Pariwisata Halal. Jurnal Kajian Ruang, 4(1), 33.
Prawira, S. A., & Pranitasari, D. (2020). Pengaruh Aksesibilitas, Inovasi dan Kualitas Pelayanan Fasilitas Publik Terhadap Kepuasan Penumpang Disabilitas di Kereta Rel Listrik Jakarta. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–15.
Putri, L. R. (2020). Pengaruh Pariwisata Terhadap Peningkatan Pdrb Kota Surakarta. Pengaruh Pariwisata Terhadap Peningkatan Pdrb Kota Surakarta, 21(1), 1–7.
Putri, S. K. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Wisatawan Menurut UndangUndang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jurnal Kajian Hukum Administrasi & Komunikasi.
Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Sari, et al. (2024). Analisis SWOT Pengembangan Wisata Halal Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Di Daerah Lampung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi).
Sari, D. (2020). Analisis Strenght Weakness Opportunity Threat (SWOT) Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Penjualan Roti. Pragmatis, 1(1), 7.
Sari, M. W., Kurniadi, H., Rifera, M. G., Jannah, M., & Qolbi, M. M. (2024). Studi Dampak Sosial Ekonomi Pengembangan Wisata Halal Terhadap Masyarakat Lokal Di Daerah Pantai Air Manis. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1230– 1233.
Seran, M. Y., Hutagalung, S., Rudiyanto, R., Sandrio, L., & Rostini, I. A. (2023). Analisis Konsep 3A (Atraksi, Amenitas, Aksebilitas) Dalam Perencanaan Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Studi Kasus: Desa Umatoos, Kabupaten Malaka). JPTM: Jurnal Penelitian Terapan Mahasiswa, 1(1), 27– 42.
Shofi’unnafi. (2022). Analisis Deskriptif Desa Wisata Religi Mlangi Berbasis Komponen 3A ( Atraksi , Aksesibilitas , Amenitas ) Pariwisat. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 13(1), 70–85.
Suciati, R., Utami, K., & Jaya, B. P. M. (2021). Analisa SWOT Strategi Digitalisasi pada Era New Normal untuk Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera, Indonesia. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 63–83.
Sulistyowati. (2021). Peluang Dan Tantangan Lembaga Keuangan Syariah Non Bank Dalam Perspektif Islam. Wadiah, 5(2), 38–66.
Syamsuddin, Abbas, N., & Nuriana, M. A. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Terhadap Produk Keuangan Syari’ah. IEFBR: Islamic Economics, Finance, and Banking Review, 4(1), 8–21. https://doi.org/https://doi.org/ 10.12928/iefbr.v3i1.10762
Syani Prananto, F., Hujamadah, F. N., Hidayat, W., & Fauzan, M. (2022). Kajian Potensi Pariwisata Kampung Batik di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Sebagai Objek Wisata Budaya (Tinjauan Geografi Pariwisata). Jurnal Implementasi, 2(1), 113–120.
Virginio Y. L Ndjurumbaha, Maria I. H.Tiwu, & Fransina W. Ballo. (2024). Peran Sektor Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(3), 46–55.
Widodo, I. C., & Putra, H. M. S. (2024). The Adaptive Strategies of Kampoeng Batik Laweyan Community in Response to the Late 20th Century Decline in Batik Industry. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 8(1), 257–266.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alvin Ikrima Hidayah, Dwi Santosa Pambudi, Akhmad Arif Rifan, Mufti Alam Adha, Amrullah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) agree to the following terms:
- All articles published are Open Access which means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under the Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.  Â
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Authors have the right to retain patent, trademark, and other intellectual property rights (including research data).Â
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, the copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR), the Editors, and the Editorial Board Members of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.