Pengaruh Promosi Gadai Emas Terhadap Minat Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Banyuwangi Rogojampi)
DOI:
https://doi.org/10.12928/iefbr.v5i1.12352Keywords:
Gadai Emas, Minat Nasabah, Bank Syariah, PromosiAbstract
Gadai merupakan praktik transaksi keuangan yang sudah lama dalam sejarah peradaban manusia. Sistem rumah gadai yang paling tua terdapat di Negara Cina pada 3.000 tahun yang silam, juga di Benua Eropa dan kawasan laut tengah pada zaman Romawi dahulu. Namun di Indonesia, praktik gadai sudah berumur ratusan tahun, yaitu dimana warga masyarakat telah terbiasa melakukan transaksi hutang-piutang dengan jaminan barang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi gadai emas terhadap minat nasabah pada Bank Syariah Indonesia BSI KCP Banyuwangi Rogojampi 1. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berdasarkan pada filasafat positifisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sempel tertentu pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan survei. Pendekatan survei adalah salah satu dari pendekatan penelitian yang pada umumnya digunakan untuk pengumpulan data serta infomasi yang luas dan banyak.
References
Afriyeni, dan Doni Marlius, 2019, Analisis Faktor – Faktor yang berpengaruh terhadap penyampaian laporan keuangan pada perusahaan yang listing di bursa efek Indonesia. Akademi keuangan dan perbankan pada E-jurnal Akutansi.
Anam, Moh Khoirul, and Nadia Kulsum. “Pengaruh pengetahuan dan pemasaran terhadap minat nasabah pada produk gadai emas.” JPS (Jurnal Perbankan Syariah) 3.2 (2022): 129-141.
Anshori, Abdul Ghofur, 2006, gadai Syariah di Indonesia : konsep, Implementasi dan Institusionalisasi, cetakan pertama, Yogyakarta : Renaisan
Aristianti, S, Waluyo, B., & Arman, d. A. (2021). Pengaruh Fluktuasi Harga Emas, Tingkat Inflasi, dan Non Performing Financing Terhadap Penyaluran Pembiayaan Produk Gadai Emas. Serambi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 24-25.
Bank Syariah Indonesia. (2021). BSI Gadai Emas – Produk dan layanan. Diambil kembali dari Bank BSI. co. Id : https: //www. bankbsi.co.id/ produk&layanan/produk/bsi/-gadai-emas.
Bank Syariah Indonesia. (2021). Annual Report BSI 2021. Jakarta: Bank Syariah Indonesia.
Bank Syariah Indonesia (2021). Nilai-Nilai Perusahaan. Diambil kembali dari ir. Bankbsi.co.id: https://ir.bankbsi.co.id/corporate value.html.
Elvina, Ayu; Indra Ahmad Perdana Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas dalam Menarik Minat Nasabah Pada Bank Syariah Indonesia KCp Medan Marelan Raya. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akutansi (EBMA), 2022, 3.1: 313-318.
Egil Hadi Prayitno, 2013. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Nasabah Menggadai Emas Di Baitulmal Wa Tamwil (BMT).
Fandy Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offsert, Yogyakarta.
Hidayat, Niswatin Nurul, Karomatun Ni’mah and Joko Hadi Purnomo “pengaruh marketing nilai transaksi dan biaya titip pada gadai emas terhadap minat nasabah” vol. 14. 2020.
Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) untuk lembaga keungan syariah, 2001, Edisi 1 jakarta : Diterbitkan atas kerjasama DSN-MUI dan Bank Indonesia.
Isza Mara Qonitatillah, 1031710027 (2021) Analisis Penyelesaian Pinjaman Bermasalah Atau Kredit Macet Produk Gadai Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Kebomas. Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Khasanah, Nita Ainul. “Promosi, Harga Taksiran Barang, Dan Prosedur Pencairan Pinjaman Terhadap Minat Nasabah Non Muslim Dalam Pemilihan Produk Gadai Emas Di PT.Bank BRI Syariah KCP Gateaway-Waru,” 2014.
Putri Nabila Basyaasyah, 1031710052 (2021) Penerapan Gadai Emas Syariah Tanpa Sertifikat Kepemilikan Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Bank Mitra Syariah Gresik). Undergraduate thesis, Universitas Internasional Semen Indonesia.
Rambat Lupiyoadi.2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua. Penerbit salemba Empat: Jakarta
Santoso, B., & Ramadantin, &. F. (2021). Implementasi Sistem Gadai Emas pada Pegadaian Syariah Cabang Tuparev-Karawang. Eco-Preneur.
Suhaimi, A. (2021).Studi Manajemen Risiko pada Bank Syariah Indonesia (BSI).jurnal Manajemen Risiko, 77.
Sujarweni, V Wiratna. Metedologi Penelitian – Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKABARUPERSS, 2019.
Tan. Thomas. Teacing is an Art: maximize your teaching. Sleman: CV Budi Utama, 2017.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juan Felix, Dimas Herliandi Shodiqin; Istikomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) agree to the following terms:
- All articles published are Open Access which means they will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We use the CC-BY-SA license options under the Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0). CC-BY-SA assures that all works will be available under CC-BY-SA always and no risk of commercial actions against the will of the copyright holder.  Â
- Anyone can use, copy and disseminate the material in any medium or format; as well as re-use, re-mix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially. However, they must acknowledge the authors by giving appropriate credits (cite to the article or content), provide a link to the license, and indicate if changes were made and use under the same license as the original.
- Authors retain copyright and grant license exclusive rights in their article to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Authors have the right to retain patent, trademark, and other intellectual property rights (including research data).Â
- Authors have the right to proper attribution and credit for the published work.
Copyright Transfer Agreement
- The Authors submitting the manuscripts do so on the understanding that if they are accepted for publications, the copyright of the articles shall be assigned to Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR).
- Universitas Ahmad Dahlan as the publisher of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR), the Editors, and the Editorial Board Members of the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements are published in the journal. In any way, the contents of the articles and circulars published in the Journal Islamic Economics, Finance, and Banking Review (IEFBR) are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
- The publisher may revoke the publication for violating the ethical code of conduct.