Analisis Strategi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk OTO Syariah di PT.Mandiri Utama Finance Jember

Authors

  • Fia Haliyatul Komariyah universitas Muhammadiyah jember
  • Dhofir Catur Bhasori Universitas Muhammadiyah Jember
  • Muhammad Syafi’I Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v4i2.11060

Keywords:

Marketing Syariah, MUF Syariah , Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis strategi marketing Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk OTO Syariah di PT.Mandiri Utama Finance Cabang Jember.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini fokus membahas tentang analisis strategi marketing Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk OTO Syariah di PT.Mandiri Utama Finance cabang Jember. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian mengetahui bahwasanya analisis strategi marketing Syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah pada produk OTO Syariah di PT.Mandiri Utama Finance cabang Jember telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan pada PT.Mandiri Utama Finance serta dengan berbagai strategi yang dilakukan oleh CMOS dalam memasarkan produknya yakni dengan mengadakan sebuah event marketing serta melalui media social dan juga   diketahui bahwasanya keunggulan dan juga kelemahan dari produk OTO Syariah yakni dari keunggulan utamanya yaitu margin yang rendah serta Flat Rate dan kelemahannya yakni minimnya masyarakat yang belum mengetahui adanya produk OTO Syariah karena tergolong dalam produk baru.

References

Adnan, R. S. (2014). Masyarakat , Jurnal Sosiologi Dinamika Struktur-Agensi dalam Perkembangan Industri Otomotif Indonesia Dinamika Struktur-Agensi dalam Perkembangan Industri Otomotif Indonesia 1. 19(1). https://doi.org/10.7454/MJS.v19i1.1240

Abdullah, M., & Agus, R. (2023). Implementasi Akad Murabahah Pada Bank Syariah Indonesia Berbasis PSAK 102 dan Fatwa DSN No. 4/DSN/MUI/IV/2000. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 154–166.

Adnan, R. S. (2014). Masyarakat , Jurnal Sosiologi Dinamika Struktur-Agensi dalam Perkembangan Industri Otomotif Indonesia Dinamika Struktur-Agensi dalam Perkembangan Industri Otomotif Indonesia 1.

(1). https://doi.org/10.7454/MJS.v19i1.1240

Afriyani, R. (2019). Pitunggua Sebagai Konsep Gerak Tradisi Dalam tari Buai-Buai di Perguruan Singo Barantai Lubuak Lintah Padang. Melayu Arts and Performance Journal, 2(2), 201–211.

Anisa, N., & Inkuiri, A. S. P. (n.d.). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI.

Ardianti, R. M. (2023). ANALISIS PENERAPAN E-COMMERCE PADA USAHA FASHION (STUDI PADA USAHA ADORABLE PROJECTS CIMAHI). FISIP UNPAS.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Ayu, E. (2021). Konsep Murabahah Menurut Mazhab Syafi’i (Landasan Hukum, Syarat, Akad-Akad, dan Pembebanan). IAIN Parepare.

Di, M., & Syariah, B. (2019).

Fitriani, R., & Sugiyono, S. (2018). Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah 1 Yogykarta. Journal of Culinary Education and Technology, 7(2).

Utami, N. P. (n.d.). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik dan Job Insecurity terhadap Kepuasan Kerja serta Turnover Intention pada PT Mandiri Utama Finance Korwil Jember.

Downloads

Published

2025-06-14

Issue

Section

Articles