Strategi Pemasaran Bank BPD DIY Syariah Dalam Meningkatkan Nasabah Produk Tabungan Haji

Authors

  • Andika Saputra Universitas Ahmad Dahlan
  • Mufti Alam Adha Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Akhmad Arif Rifan Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v5i1.11034

Keywords:

Strategi Promosi, Strategi Pelayanan, Analisis SWOT, Tabungan Haji

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi promosi dan strategi pelayanan yang diterapkan bank BPD DIY Syariah dalam meningkatkan nasabah produk tabungan haji. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah produk tabungan haji bank BPD DIY Syariah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah teknik wawancara, observasi dan  dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan bank BPD DIY Syariah pada produk tabungan haji yaitu menggunakan bauran pemasaran diantaranya promosi penjualan yaitu dengan memberikan souvenir dan membebaskan biaya administrasi kepada nasabah produk tabungan haji, selanjutnya promosi penjualan pribadi yaitu pegawai bank BPD DIY Syariah secara pribadi menawarkan produk tabungan haji kepada nasabah, selanjutnya strategi periklanan yaitu dengan menggunakan media cetak dan media elektronik, dan yang terakhir strategi publisitas yaitu bank BPD DIY Syariah mengikuti ajang pameran untuk mengenalkan produk tabungan haji. Analisis SWOT yang didapatkan yaitu kekuatan (strengths) bank BPD DIY Syariah pada produk tabungan haji yaitu dengan mengandalkan lokasi yang strategis, pelayanan yang baik dan ramah, ruangan yang nyaman, dan promosi secara door to door dan melalui sosial media. Sementara kelemahannya (Weaknesses) yaitu nama bank BPD DIY Syariah yang kurang diketahui masyarakat dibanding pesaing, Peluang (Opportunities) yang dimanfaatkan yaitu masyarakat Yogyakarta yang mayoritas beragama Islam dan juga program haji muda dengan berpromosi ke sekolah-sekolah. Sedangkan ancaman (Threats) yaitu banyaknya pesaing dan pencabutan kepercayaan dari pemerintah pusat sebagai bank penerima setoran ibadah haji.

References

Aditia, A., Komara, A. T., Roslina, N. Y., & Jatmika, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Acman: Accounting and Management Journal, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.55208/aj.v1i2.25

Annisa, L., Sari, N., Nurlina, E., Kuala, U. S., Kuala, U. S., & Kuala, U. S. (2021). Analisis Faktor Pendorong Minat Nasabah Dalam. 6, 124–141.

Daulay, A. N. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Produk Tabungan Haji Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Human Falah.

Fatimah, F. N. D. (2020). Teknik Analisis SWOT.

Gunawan, F. S. A. C. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Irfani, A., Furqani, H., & Hasnita, N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan Haji (Studi Komparatif Pada Bank Aceh Dan Bank Syariah Mandiri Di Kabupaten Aceh Selatan). Journal of Sharia Economics, 1(2), 140–159. https://doi.org/10.22373/jose.v1i2.644

Jauhariyah, N. A., Munawar, A., & Mahmudah, M. (2020). Strategi Pemasaran Syariah Dan Waiting List Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Pada PT BRISyariah KCP Genteng Kabupaten Banyuwangi. Journal of Sharia Economics, 2(1), 74–92. https://doi.org/10.35896/jse.v2i1.61

Kemenag. (2022). Pendaftaran Perjalanan Ibadah Umrah. Kementerian Agama Republik Indonesia.

Komputer, J. I., & Jikem, M. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). 2(1), 923–926.

Maharani, R., Supriyanto, T., & Rahmi, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus pada BSI ex BSM). Jurnal Syarikah, 7(2), 127–136.

Mulbar, U. (2013). Kata kunci و. Kinabalu, 11(2), 50–57.

Mulyana, M. (2019). Inisiasi VIII Strategi Promosi dan Komunikasi. Materi Tutorial Online Ekma 4216 Manajemen Pemasaran, 57–63.

Nugrahani Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 11 Juni 2014.

Sudarsono, B. (2017). Memahami Dokumentasi. Acarya Pustaka, 3(1), 47. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12735

Suhri, M. (2021). Strategi pemasaran tabungan haji terhadap minat masyarakat di bank syariah mandiri sumbawa besar. AL-Bayan: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 6469, 30–49.

TAJUDIN, M. H., & MULAZID, A. S. (2017). Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri Kcp. Sawangan Kota Depok. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46. https://doi.org/10.32678/ijei.v8i1.64

Winardi, R. D. (2018). Metoda Wawancara. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, September 2018, 53–99.

Downloads

Published

2025-08-18

Issue

Section

Articles