Pengaruh Bulan Ramadhan Terhadap Return Saham Perusahaan Di Sektor Makanan Dan Minuman Yang Tergabung Dalam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Periode 2012-2022

Authors

  • Iftitah Rita Udiniyah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Dimas Herliandis Shodiqin Universitas Muhammadiyah Jember
  • Muhammad Syafi'i Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v3i1.10951

Keywords:

Ramadhan Effect, Return, Saham, Anomali

Abstract

Ramadhan Effect adalah salah satu anomali pasar yang terjadi pada Bulan Ramadhan dimana peristiwa ini dapat mempengaruhi keadaan suatu pasar modal. Penelitian ini menelisik lebih dalam tentang bagaimana return saham dalam sektor makanan dan minuman memberikan reaksi terhadap Bulan Ramadhan serta memberikan gambaran terkait kondisi pasar modal dalam sektor tersebut selama Bulan Ramadhan. Emiten yang menjadi objek penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sejumlah 62 emiten dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 59 emiten. Metode yang digunakan untuk menganalisis adanya Ramadhan Effect yaitu menggunakan analisis Deskriptif.  Hasil dari analisis tersebut menunjukkan Bahwa nilai return pada Bulan Ramadhan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan niali return pada saat selain Bulan Ramadhan dan dapat dikatakan bahwa Bulan Ramadhan berpengaruh terhadap return saham perusahaan makanan dan minuman di Indonesia.

References

Al-Hajieh, H., Redhead, K. Dan Rodgers, T. (2011), “Sentimen Investor Dan Efek Anomali Kalender: A Studi Kasus Dampak Ramadhan Pada Pasar Islam Timur Tengah”,Penelitian Dalam Bisnis Internasional Dan Keuangan,Jil. 25 No.3, Hal.345-356.

Amyulianthy, R. (N.D.). Pengujian Empiris Efficient Market Hypothesis (Emh) Dan Capital Asset Pricing Model (Capm). 2(1).

Hartini, T., Amir, A., Junaidi, J., & Lubis, T. A. (2019). The Difference Analysis Of Abnormal Return And Trade Volume Activity Before And After Ramadhan Effects On Food And Beverages Companies Listed In Indonesian Sharia Stock Index (Issi). Journal Of Business Studies And Mangement Review, 2(2), 88–93. Https://Doi.Org/10.22437/Jb.V2i2.7221

Hidayat, A. (N.D.). Budaya Konsumen Bulan Ramadan Bagi Masyarakat Modern Di Indonesia. 14(2).

Kiky, A. (2018). Kajian Empiris Teori Pasar Efisien (Efficient Market Hypothesis) Pada Bursa Efek Indonesia.

Kusumadewi, R. N. (N.D.). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas.

Mulyana, I. K. R., Datrini, L. K., & Sastri, I. D. A. M. M. (2021). Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 2(2), 60–65. Https://Doi.Org/10.22225/Jraw.2.2.3359.60-65

Pradana, B. L. (2018). Adaptive Market? A New Hypothesis? Jurnal Bina Akuntansi, 5(1), 150–163. Https://Doi.Org/10.52859/Jba.V5i1.38

Rohmah, I. N., & Hidayati, A. N. (N.D.). Pengaruh Ramadhan Effect Terhadap Harga Saham Perusahaan Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2020-2022.

Rokhim, R., & Octaviani, I. (2019). Is There A Ramadhan Effect On Sharia Mutual Funds? Evidence From Indonesia And Malaysia. International Journal Of Islamic And Middle Eastern Finance And Management, 13(1), 135–146. Https://Doi.Org/10.1108/IMEFM-04-2019-0147

Rusmayanti, A., Yusniar, M. W., & Juniar, A. (N.D.). Pengaruh Bulan Ramadhan Terhadap Return Pasar Saham Di Bursa Efek Indonesia (1425h-1434h).

S. Hijazi, A., & I. Tabash, M. (2020). The Impact Of Ramadan Month On Market Stock Returns Anomalies: An Empirical Investigation Of Palestine Exchange (PEX). Investment Management And Financial Innovations, 17(1), 253–265. Https://Doi.Org/10.21511/Imfi.17(1).2020.22

Shahid, M. N., & Sattar, A. (N.D.). Behavior Of Calendar Anomalies, Market Conditions And Adaptive Market Hypothesis: Evidence From Pakistan Stock Exchange.

Sulistiana, I. (2017). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Danrasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. 4(2).

Tien, R. (2019). SNHRP-II : Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Ke-II, 2019, Halaman 150-156.

Wiarta, I., Daniyanti, D., & Etriya, E. (2020). Anomali Return Pada Pasar Modal Indonesia (Studi Pada Bank Bumn Di Bursa Efek Indonesia). Journal Development, 8(2), 152–157. Https://Doi.Org/10.53978/Jd.V8i2.158

Yunita, N. K. E., & Rahyuda, H. (2019). Pengujian Anomali Pasar (January Effect) Di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5571. Https://Doi.Org/10.24843/EJMUNUD.2019.V08.I09.P11

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles