Analisis Efektivitas Sistem Pelayanan Jemput Bola di KSPPS BMT Sahabat Kita Semua

Authors

  • Icha Apriliza Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.12928/iefbr.v3i1.10625

Keywords:

BMT;, Efektifitas;, Organisasi.

Abstract

Penerapan sistem layanan jemput bola yang dilakukan oleh KSPPS BMT Sahabat Kita Semua terdapat beberapa kendala. Diantaranya yaitu jarak, belum menggunakan input data secara digital (komputerisasi), dan kurangnya sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas terhadap layanan jemput bola yang diterapkan oleh KSPPS BMT Sahabat Kita Semua. Untuk meninjau masalah tersebut maka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori efektifitas, pelayanan dan teori operasionalisasi BMT secara umum. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan dua sumber data yaitu sumber data primer yang terdiri dari Manajer dan Marketing BMT Sahabat serta nasabah yang dijemput bola. Sedangkan sumber data sekunder terdiri dari buku pendukung, laporan, jurnal, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dengan 10 pertanyaan kepada manajer dan nasabah yang berisi mengenai efektivitas orginasi dalam sistem pelayanan jemput bola. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum pelayanan jemput bola yang diterapkan oleh BMT Sahabat dinilai masih kurang efektif jika dilihat dari 3 indikator efektivitas organisasi yaitu kepuasan kerja, kualitas, dan inovasi. Sedangkan jika dinilai dari 2 indikator produktivitas dan efisiensi pelayanan jemput bola sudah efektif. Dalam pelaksanaan jemput bola masih terdapat beberapa tantangan yang dapat menghambat dalam proses pencapaian tujuan yang ditentukan. Kata Kunci: Efektivitas Organisasi, Pelayanan Jemput Bola, Baitul Maal Tamwil (BMT)

References

Annisa, S. N. (2013). Persepsi Nasabah Terhadap Sistem Jemput Bola pada BMT Anda Salatiga. Tugas Akhir, 125.

Ariesta, F. (2013). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkay Daerah di Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal Akuntansi, 102-120.

Dunggio, M. (2013). Semnagat Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Utara. Jurnal EMBA, 80-90.

Efendi, A. (2020, Oktober Senin). KSPPS BMT Sahabat Kita Semua. (I. Apriliza, Pewawancara) Tasikmalaya.

Harrisma, O. W., & Witjaksono, D. A. (3013). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Melalui Kepuasan Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 72-83.

Imaniyati, N. S. (2010). Aspek-Aspek Hukum BMT (Baitul Maal Wat Tamwil). Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Jamrut, D. E. (2015). Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Pemerintah, 123.

Kurniawan, R. C. (2016). Inovasi Kualitas Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Jurnal Hukum, 115.

Lagalel, D. G., Mekel, P. A., & Sepang, J. L. (2014). Pelatihan, Disiplin Kerja dan Kualitas Kerja Terhadao Prestasi Kerja PT PLN. Jurnal Emba, 123-150.

Makaluas. (2017). Pengaruh Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT BPR Prisma Dana Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 50-62.

Muhammad. (2002). Pengnater Akuntansi Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

P, R. (2012). Analisis Efektivitas dan Efisiensi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Administrasi Publik, 88.

Rondonuwul, R. H., Tinangon, J. J., & Budiarso, N. (2012). Analisis Efisiensi dan Efektivitas Pengelilaan Keuangan Daerah Pada Dinas Pendpatan Daerah Kabupaten Minahasa. Jurnal Emba, 76.

Suhendar, A. (2020, Oktober Senin). KSPPS BMT Sahabat Kita Semua. (I. Apriliza, Pewawancara)

Sulistyani, A. T., & Rosidah. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gaya Media.

Zainal, V. R., Ramly, M., Mutis, T., & Arifah, W. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rajawali Press.

Downloads

Published

2023-06-01

Issue

Section

Articles